Nusa Tenggara Timur

Luar Biasa Pengamanan Tri Hari Suci Di Ende

ENDE, Buserbhindo.com/04 April 2021

Teror bom yang terjadi di Gereja Katederal Makasar beberapa waktu lalu,menimbulkan kepanikan bagi umat Kristiani di seluruh Indonesia,yang lagi menjalankan serangkaian perayaan Tri Hari Suci dalam masa paskah tahun 2021.

Umat Kristiani di Kabupaten Ende juga,merasa terganggu dengan kejadian tersebut.Namun dari pihak kepolisian dan TNI menghimbau agar umat tetap tenang dan jangan panik.Karena pihaknya akan menjamin keamanan selama beribadah di Gereja.

Dari pantauan media ini pada, hari sabtu 3 April 2021, pukul 16.00 wit,pengamanan di Gereja Mautapaga,Gereja Onekore, dan Gereja Katederal Ende cukup ketat.

Suasana Misa malam paskah di Gereja Katederal Ende,Sabtu 3 April 2021.

Nampak beberapa personil Brimob bersenjata lengkap,anggota Polres Ende, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Senkom, dan 20 orang remaja mesjid, siap siaga mengamankan jalannya perayaan misa malam Paskah.

Pua Hamid (Kasat Pol Air ) penanggung jawab keamanan Gereja Katederal Ende, saat ditemui media ini di halaman Gereja Katederal Ende mengatakan “Situasi yang terpantau hari ini cukup kondusif dan aman.

Kami siap mengamankan misa hari ini,yang dilaksanakan tiga kali.Misa pertama mulai jam 16.00, misa kedua jam 18.30, dan misa ketiga jam 20.30.

Kami dari Polres Ende ada 12 personil, 10 orang untuk pengaman perayaan ini, sedangkan 2 orang stand by di gereja ini 1 x 24 jam,” ungkap Hamid.

Pua Hamid menambahkan, selain anggota Polres Ende, ada juga anggota kodim 1602 Ende 3 orang, Pol PP 3 orang, Dishub 3 orang, dan beberapa anggota Brimob dari kompi B Ende.

Remaja Mesjid Altaqwa Onekore.penjaga parkir misa malam paskah 3 april 2021.

Menurut Hamid pihaknya melakukan pemeriksaan dalam kaitan dengan sterilisasi setiap Gereja di Kabupaten Ende,sebelum misa dimulai, sejak hari kamis pagi dalam perayaan kamis putih.

Sedangkan peran dari intelijen saat ini, Pua Hamid mengatakan Polres Ende sudah melakukan upaya bagaimana caranya, supaya kegiatan ini berjalan aman dan lancar

“Kami sudah berupaya semaksimal mungkin dalam arti untuk mengamankan jalannya kegiatan ini,terus yang kedua umat bisa mengikuti ibadah hingga selesai, dan kembali ke rumah dengan rasa aman,” tegasnya.

Selain di Gereja Katederal Ende, perayaan misa malam paskah di Gereja Onekore juga, berjalan aman dan lancar.

Tukiran,anggota Sentra komunikasi Mitra Polri. Menjaga keamanan misa malam Paskah Gereja Mautapaga Ende.

“Untuk sementara situasi di Gereja Onekore saat ini,aman terkandali. Misa dilaksanakan 2 kali, yaitu jam lima sore untuk misa pertama,dan jam sembilan malam untuk misa kedua.Kami disini ada 12 orang ditambah dengan TNI, Senkom, Pol PP, Dishub, dan 20 Remaja Mesjid, yang bertugas di bagian parkiran,” jelas Aipda Lukman,SH.

Anggota Satlantas Ende ini menjelaskan, sejauh pengamatan saat ini, tidak ada hal-hal yang mencurigakan.

“kami sudah melakukan pemeriksaan secara manual. Setiap umat yang mengikuti misa, membawa kupon yang sudah dibagikan sebelumnya oleh pihak pastoral.Yang tidak memiliki kupon, tidak boleh masuk,” ungkapnya.

Hal yang sama juga terpantau di Gereja Mautapaga.Misa pertama yang dimulai jam 18.00 dan misa kedua jam 21.00, berjalan aman dan lancar.

Aipda Lukman, S.H., Satlantas Polres Ende.Penanggung jawab keamanan Misa malam paskah di Gereja Onekore Ende.

Pantauan media ini, personil dari Sentra Komunikasi Mitra Polri (SENKOM) yang bermarkas di Jln.Woloare, juga ikut berperan aktif dalam mengamankan misa malam paskah.

“Kami menempatkan dua anggota di setiap Gereja di kota Ende, pada misa malam paskah, kecuali di Gereja woronio. Disana kami tempatkan satu orang saja,” terang Tukiran.

Penanggung jawab SENKOM ini menambahkan, sebagai sesama anak bangsa yang menjunjung tinggi nilai Keagamaan dan Ketuhanan, kita berkewajiban untuk saling menghormati dan memberikan rasa nyaman kepada sesama umat yang menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing. (Ignas)

Tinggalkan Komentar
Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button