Nasional

Spektakuler Parade Kebangsaan di Ende Menyongsong Hari Lahir Pancasila Ke-77 Tahun 2022.

HUT Pancasila ke-77

ENDE, buserbhindo.com/28 Mei 2022

Berbagai etnis dari seluruh Indonesia mengenakan busana adat masing-masing daerah, mengikuti pegelaran parade kebangsaan yang diselenggarakan pada Sabtu (28/5/2022) di Ende, Nusa Tenggara Timur.

Lautan manusia, dibawa teriknya matahari, memenuhi pelataran pelabuhan Pelindo Ende mengikuti acara parade kebangsaan dengan membawa poster gambar burung garuda dan bendera merah putih sebagai bukti rasa cinta
terhadap Pancasila dan NKRI.

Parade kebangsaan diawali dengan perarakan patung replika burung Garuda Pancasila, dari Pulau Ende pukul 8.00 WIT menggunakan perahu nelayan menuju pelabuhan Ende.

Sekitar pukul 9.00 WIT arak-arakan perahu nelayan yang membawa replika burung Garuda Pancasila sandar di dermaga Ende.Rombonga pembawa replika burung Garuda Pancasila diterima oleh Bupati dan Wakil Bupati Ende, Dandim 1602/Ende,Kapolres Ende, pejabat BPIP, pejabat Pemkab Ende, serta undangan lainnya.

Bupati Ende Jafar Achmad dalam sambutannya di atas KRI Teluk Banten 516 mengatakan, Kabupaten Ende adalah tempat bersejarah, dimana Bung Karno menemukan butir-butir Pancasila sebagai dasar negara kita, hasil permenungan di bawah pohon sukun.

” Pancasila adalah rumah kita.Untuk itu kita harus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan mempertahankannya. Sampai kapanpun kita tetap gelorakan semangat Pancasila dalam sanubari kita,” tutur Djafar.

Sebelum replika burung Garuda Pancasila diarak keliling kota, Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP Elfrida Herawati Siregar mengharapkan agar masyarakat harus tetap mengabdikan nilai-nilai Pancasila hari ini dan di masa yang akan datang.

” Antusiasme warga pada acara parade kebangsaan ini adalah kerinduan akan nilai-nilai Pancasila. Ende adalah tempat dimana pendiri bangsa ini, menggali nilai-nilai Pancasila,” kata Elfrida.

Untuk itu masyarakat Ende diharapkan agar dapat menyukseskan rangakaian kegiatan Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo.(Ignas)

Tinggalkan Komentar
Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button